Transmisi Manual dan Faedahnya

Transmisi Manual dan Faedahnya - dibawah ini ada informasi tentang manfaat ataupun  faedah dari transmisi manual, mungkin bisa anda gunakan sebagai tambahan wawasan anda semua. Dimana arti dari transmisi manual sendiri adalah sistem transmisi otomotif yang memerlukan pengemudi sendiri untuk menekan/menarik seperti pada sepeda motor atau menginjak kopling seperti pada mobil dan menukar gigi percepatan secara manual.Mari simak bersama dibawah ini.




mobil keluaran awal kebanyakan dibekali dengan trasmisi manual. Dimana untuk melakukan perpindahan dari satu tingkat kecepatan ke tingkat pecepatan yang lain digerakkan secara manual oleh sang sopir. Jadi disini dibutuhkan feeling dan ketepatan dari sang sopir kapan harus pindah gigi.

Tidak seperti mobil dengan transmisi namual, mobil dengan transmisi otomatis perpindahan dari satu percepatan ke percepatan yang lain sudah berlangsung secara otomatis berdasarkan putaran mesin. Semakin tinggi putaran mesin maka semakin tinggi tekanan hidrolis yang ada di mesin yang selanjutnya akan mendorong transmisi untuk berpindah dari percepatan yang rendah ke percepatan tinggi, begitupun sebaliknya.

Perlu di cek kondisi oli transmisi manual, meskipun jarang terjadi oli transmisi manual habis tapi apa salahnya melakukan pengecekan secara rutin. Karena jika sampai oli transmisi manual tersebut habis maka akibatnya akan terjadi keausan pada roda gigi transmisi yang selanjutnya akan menyebabkan transmisi tidak bekerja maksimal. Dan jika masalah ini kita biarkan berlarut – larut akibatnya akan fatal bagi mobil atau bahkan bagi kita selaku pengemudinya.

Memang saat kita melakukan servis rutin di bengkel mobil jarang komponen yang satu ini di periksa, biasanya servis rutin yang kita lakukan hanya memeriksa dan membersihkan komponen mesin. Kita bisa meminta mekanik bengkel mobil tersebut untuk memeriksa kondisi transmisi kita apakah masih bagus ataukah sudah mengalami keausan.

Selain melakukan pengecekan oli transmisi manual apa lagi yang harus kita lakukan? Sebenarnya transmisi tidak seperti kampas rem ataupun kampas kopling yang termasuk komponen fast moving. Tapi keausan bisa saja terjadi jika pemakaian kita salah. Kerusakan pada transmisi manual bisa kita deteksi dari perpindahan gigi yang susah ataupun juga keluar suara – suara berdecit dari dalam transmisi mobil kita.

Jika kondisi transmisi mobil kita sudah seperti itu coba carilah bengkel mobil dengan mekanik yang sudah berpengalaman. Memilih mekanik yang kompeten dan berpengalaman tujuannya agar penanganan transmisi mobil kita sesuai dengan kerusakannya. Karena mendeteksi kerusakan pada transmisi terhitung susah bagi menanik – mekanik yang belum mempunyai pengalaman dalam menangani transmisi.


Category Article ,

What's on Your Mind...

Powered by Blogger.